Seperti Namanya batu ini banyak ditemukan di daerah Palimanan Cirebon, daerah ini terletak di kaki gunung atau daerah perbukitan gunung. Di daerah ini terdapat bukit – bukit kapur yang tersambung ke gunung ciremai. Batu Alam palimanan ini terbentuk karena adanya proses sedimentasi butiran pasir. Maka dari itu batu ala mini disebut sandstone.

Sandstone ini memiliki baerbagai warna khas kuning, cokelat, cokelat muda, putih dan abu-abu. Untuk batu palimanan ini identic dengan warna kuning, dengan alur kecoklatan. Sebagian besar sandstone terbentuk oleh Kuarsa dan Feldspar yang terdapat pada kulit bumi.

Batu Palimanan ini sangat mudah dibentuk dan tahan akan cuaca, hal ini membuat batu jenis ini bisa digunakan untuk ornament bangunan, atau pelapis dinding. Selain digunakan untuk pelapis dinding agar lebih indah dan alami, batu jenis ini berguna juga sebagai asahan, untuk mempertajam pisau.

Keistimewaan dan Jenis Batu Alam Palimanan

Sebagian kalangan yang sudah mengenal batu dan arsitektur batu alam palimanan ini salah satu favorit untuk bangunan yang bisa digunakan atau di aplikasikan ke dinding. Karena corak dan alur yang khas dan acak membuat dinding rumah memiliki seni dan kecerahan pada rumah.

Batu alam palimanan ini memiliki jenis berdasarkan warna diantaranya, batu palimanan kuning (Cream Palimo), batu palimanan emas (golden palimo) dan batu palimanan putih (white palimo). Khusus batu palimanan putih, batu ini memiliki tingkat kekerasan paling tinggi dari batu palimanan kuning dan palimanan emas.

Batu Alam Palimanan saat ini dipergunakan untuk dinding, pagar, Pilar rumah, taman hias, interior dan eksterior. Batu Palimanan  dapat dibentuk  dan finishing sesuai dengan selera,  batu alam palimanan finishing Rata Alam (RTA), batu alam palimanan Rata Mesin (RTA), batu alam palimanan susun sirih, batu alam palimanan motif alur. Proses untuk finishing rata mesin, dilakukan pula proses honed dan proses polished (biasa di sebut keramik batu alam karena permukaannya yang halus dan kilau).

Variasi dan Finishing Batu Alam Palimanan

Batu alam palimanan dapat di variasi sesuai dengan selera sama halnya dengan batu alam lainya. Batu ini divariasikan sesuai dengan motif alur, diantaranya motif alur Napoli, alur lurus, alur gelombang, alur anyaman dan lain sebagainya. Motif alur ini dapat sebagai atau digunakan pada dinding rumah, halaman rumah, pilar rumah, dan pagar yang menggunakan tembok sebagai pelapisnya menggunakna batu alam, selain itu batu ini sudah digunakan pada Hotel, Bangunan Kantor, Restauran dan lainya.

Variasi ukuran yang biasa ada dipasaran seperti yang dijual disini diantaranya :  10x20cm, 15x15cm, 15x30cm, 20x40cm, 30x30cm dengan harga batu alam Rata Mesin (RTM).

Finishing rata mesin batu palimanan, oleh Pabrik Batu Alam kami, di proses lagi ke proses honed. Yang merupakan proses dimana batu alam tersebut digosokkan piringan intan bertujuan menghaluskan permukaan batuan, khususnya batu palimanan sampai tingkat kehalusan yang di butuhkan. Setelah proses honed, adapula proses polished. Proses ini dilakukan dengan menggosokan piringan intan dengan menambahkan bahan kimia tertentu pada permukaan batuan untuk memunculkan sifat kilap seperti kaca, dan mempertegas warna karakter pada batu palimanan.

Biasanya hasil dari polished diaplikasikan pada lantai ataupun dinding, seperti halnya keramik, dalam hal ini keramik batu alam palimanan.